#Bc5 Cinta Pertama??

Behind the story: Setelah mendapat topik ini, memori tahun-tahun kemarin terasa menyeruak ke seluruh lubuk hati dan seisi kepala. Kata-katanya terkesan berlebihan tapi itulah yang sebenarnya dirasakan penulis. Mengetiknya membuatku membayangkan masa lalu. Sebagai wanita biasa, jatuh cinta bagi wanita seperti saya adalah anugerah terindah. Tak terkecuali bertemu dengan orang-orang tertentu yang membuat saya menatap luas akan arti kehidupan. Sekilas tentang cinta; cinta itu suci. Cinta itu anugerah dan…cinta itu kenangan. Karena  dibalik setiap cerita cinta tersimpan kenangan yang tak lekang oleh waktu termasuk cinta pertama.

Cinta itu hanya satu kata tapi merasakannya sungguh tak terbilang sepatah dua kata.

Pertama kali aku tergugah…

dalam setiap kata yang kau..ucap..

bila malam tlah datang..

terkadang ingin kutulis semua..perasaan..

kata orang rindu itu indah..

namun bagiku ini menyiksa…

sejenak kufikirkan..untuk kubenci saja..dirimu..

namun..sulit ku membenci….

-Bimbang-Melly Goeslaw

Begitulah yang dirasakan ketika bertemu seseorang dalam hidup saya dan untuk pertama kali saya mengenal rasa yang tak pernah dirasakan sebelumnya. BIMBANG karena gatau harus berbuat apa ;sesuatu yang belum pernah terpikirkan tiba-tiba mengisi benak saya.

Lalu pertanyaannya cinta pertama itu apa dan siapa??

hehehe tulisan ini sengaja dikhususkan agar tak terlalu luas menanggapi sisinya.

Oke kita mulai dari siapa.

Siapa sih cinta pertamanya si penulis?

Cinta pertamaku adalah laki-laki yang sekarang hilang tak berkabar namun dulu yang paling sering memberi kabar

Saya tidak tahu sekarang dia dimana dan tak pernah berkomunikasi lagi dengan dia semenjak saya putus hubungan. Hal ini wajar karena mungkin bagi sebagian pria masa lalu ya masa lalu dan tertinggal di masa lalu. Alhasil karena saya masa lalunya maka ia pun meninggalkan saya di masa lalu tanpa kabar sekalipun. Namun bila diulas cerita zaman dulu, namanya juga masih pacaran ya seringlah ngasih kabar minimal sehari dapat satu pesan hanya untuk berkabar aku lagi ini dan baik-baik saja.

Cinta pertamaku adalah yang mengajarkanku akan arti dari sebuah memiliki

Diputusin. Yep. Karena kejadian miris yang sering  saya hadapi adalah ujung-ujungnya ditinggal pergi maka yang bisa saya simpulkan adalah bahwa ketika diputusin engkau akan tahu arti dari sebuah memiliki. Mengapa? namanya juga ditinggal pergi ya berarti apa yang pernah kita miliki mungkin bukan punya kita dan dia memilih orang lain yang dia temukan lebih baik dari kita. Dan itu pula yang membuat saya semakin sadar bahwa memiliki seseorang yang kita cintai tak sejati. Artinya di dunia ini kita tak tahu apakah yang kita cintai benar-benar milik kita atau hanya sebagai perantara.

Cinta pertamaku adalah seseorang yang selalu kudoakan untuk kebahagiaannya

Meski tak bertemu lagi, mendoakan adalah cara terbaik untuk seseorang yang pernah mencintai kita, termasuk saya. Mendoakan cinta pertama saya bahagia dengan pilihan hidupnya yang sekarang.

Cinta pertamaku adalah dia yang berhasil membuatku menangis. Menangis karena terluka atau haru bahagia untuk pertama kali

Yaa, namanya juga cinta. Menanggapi dalam hubungan, mencintai bagi saya adalah pengorbanan dan tentu saja didalam pengorbanan itu pernah diselimuti tangisan, entah itu tangisan karena terluka atau haru bahagia karena seseorang tersebut membalas perasaan kita.  Karena cinta itu ternyata juga mengenal kata kecewa dan bahagia selama menjalaninya.

Cinta pertamaku adalah yang membuka pikiranku bahwa menjaga hati adalah tanda cintanya itu tulus

Karena sudah pernah bertemu dengan laki-laki dengan tipe seperti ini, mata saya terbuka lebar sejak hari itu. Sulit sekali rasanya berpindah perhatian terhadap seseorang dengan orang lainnya ketika saya tahu hati saya sudah terpatri di satu orang. Hal ini pula sejak saat itu saya menyadari kehadirannya membuka pikiran saya bahwa pernah menjaga hati yang saya dan dia lakukan adalah cinta tulus itu murni adanya.

Cinta pertamaku adalah yang membuka pikranku untuk melihat masa depan bahwa kepastian itu berharga walau akhirnya tak kudapatkan.

Belajar dari masa lalu. Dari awal cinta yang hadir dan seiring yang pernah saya jalani    dengan seseorang meninggalkan mind set bahwa setiap hubungan memiliki akhir dan salah satu yang ada didalamnya juga kepastian. Walau dalam pengalaman merasakan cinta pada akhirnya kepastian yang benar nyatanya belum saya dapatkan tapi saya sekarang percaya bahwa seseorang tersebut telah membuka jalan pikiran saya bahwa kepastian itu sekarang salah satu yang menjadi tolak ukur saya dalam memilih jalan cinta yang akan saya jalani.

Lalu cinta pertama itu apa?

Cinta pertama itu pada akhirnya menjadi sebuah perantara waktu. Perantara bagaimana seseorang seperti saya menemukan lelaki yang beragam. Perantara waktu yang menjadikan saya setangguh sekarang. Ketika cinta hendak menyapa saya cukup punya mind set yang cukup saya pahami hingga sekarang. Mind set bahwa ketika sesuatu yang datang hanyalah sementara. Hanya soal waktu kapan cinta itu hadir. Yang pasti cinta pertama juga bukan soal apakah pertama kali kamu deg-degan ketika bertemu dengannya, bertemu tanpa sengaja dan terkesan karena tingkahnya atau pertama kali dibuat nyaman dengan percakapan yang kita lakukan kepadanya. Tetapi cinta pertama adalah waktu kita memahami apakah cinta itu sebenarnya atau justru cinta sesaat kepada setiap seseorang yang kita temui apalagi ketika kita sempat menjalani hubungan dengannya.

Big thanks to my friend, Nadya Rizki Ardhani yang sudah mencetuskan ide mahal ini. Kalau tak begini aku tak pernah lagi memikirkan apalagi membahas tentang cinta  terutama untuk diriku sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 Comments

  1. First commentator yaa..

    Apaaaaan sih ini wiii.. ga galaaau gue bacanya wkwkkwkwkwk..

    Ga asik ahh, akunyaa cerita panjang lebaar.. lu nya ngasi poin gitu aja.wkwkwkkwwkwkwkkwk

    Oke oke.. aku suka poin-poin tentang cinta pertamanya. Itu unik. Antimainstream. Karena aku udh baca banyak tulisan di blog (riset) ttg cinta pertama dan itu nggak sebagus ini poinnyaaa.

    Tulisannya rapiii tapi aduuuh, bacanya belibet banget yaaa.. aku kerut-kerut kening.

    Emang sih ini lebih ke cerita dari pada tulisan non-fiksi. Tapi poinnya itu ala ala non-fik..

    Aku kasih keripik yaa, agak pedas keknya. Heheheheh. Jangan marah .

    Cak ni yaa.. aku kasih sampel..
    Kata-katanya terkesan melebih-lebihkan..
    Boros wikk, coba kalo diganti mungkin terkesan berlebihan..

    Mengetik cerita ini adalah bagian membayangkan kejadian kronologis.
    Cak kalo: mengetikkannya membuatku membayangkan masa lalu.. tohh ko ga ngasi penjelasan kronologis ceritanya di postingan..

    Seketika perasan dari yang tak terfikirkan datang tanpa permisi.
    Hmm, seketika perasaan itu datang tanpa permisi. Atau sesuatu yang belum pernah terpikirkan tiba-tiba mengisi benak..

    Ngeri kali editor kacang ini ngomen yaaaa.. wkwkwkkwk

    Liked by 1 person

  2. Btw.. dari yang aku baca selama ko nulis di blog baru ini, keliatannya ko selalu punya poin yang di sampaikan.. baguuss kyk artikel-artikel serius blog.com gitu.. pertahankan yaa wii.. penyampaiannya bagus .

    Pas aku bacanya aku merasakan ko seorang wanita yang lembut tp gokil (kalo aku ga kenal). Maksdnya tulisanmu flawless..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

