#BC18 Alter Ego dan Teka Teki Karakternya

Hmm,, Alter ego? yep, tantangan ke-18 yang diusung oleh teman saya Nadya cukup menyita perhatian saya sejak kemarin. Tantangan ini seharusnya sudah latepost tapi berhubung masih banyak mengumpulkan informasi. Setelah di searching lewat internet, ternyata artikel alter ego ini cukup familiar haha. Saya nya aja yang baru tahu -.- Ya ampun kemanaa ajee selama ini. okee skip.skip

Lanjut..

Seputar alter ego, ternyata alter ego itu…

Satu Jiwa Dengan kepribadian ganda

Alter Ego adalah suatu penyakit yang membuat penderitanya mempunyai 2 kepribadian atau lebih. Alter Ego di sebabkan oleh trauma ataupun ketakutan yang sangat besar pada masa lalu . Sifat Alter Ego selalu bertolak belakang dengan sifat asli seseorang. Oleh karena itu orang yang mengidap penyakit ini dan Alter Egonya saling melengkapi, misalnya: jika seseorang mempunyai sifat periang, ramah, hangat, dia akan mempunyai Alter Ego yang bersifat pemarah, pendiam, dan dingin kepada orang-orang disekitarnya. Sifat Alter Ego itu selalu aneh dan berlebihan, seperti contoh diatas tadi, jika Alter Egonya muncul dia bahkan bisa marah kepada Tuhannya sendiri atas apa yang terjadi pada dirinya, bahkan bisa melakukan hal-hal yang irasional. Oleh karena inilah Alter Ego disebut penyakit.Tetapi, kebanyakan orang tidak sadar bahwa dia mempunyai Alter Egonya sendiri kecuali orang-orang terdekatnya yang menanyakannya mengapa dia tiba-tiba begini, dan begitu, tetapi bagi orang yang Alter Egonya sudah mulai ” kuat ” sangat mudah disadari karena pada saat Alter Egonya itu keluar sifat yang 1 lagi akan kehilangan kesadarannya. Bagi yang Alter Egonya masih ” lemah ” pada saat Alter Ego itu muncul seseorang hanya merasa dia ingin melakukan ini dan itu, bukan hal yang biasa dia kerjakan, malah sebaliknya tetapi dia tidak merasa dia adalah orang lain karena dia hanya mengikuti kata hatinya untuk melakukan hal yang berbeda dengan yang biasa dia lakukan, misalnya : biasanya pada saat berangkat kerja atupun sekolah, setiap berjumpa dengan orang dia akan menegurnya disertai senyuman yang ramah, tetapi pada saat Alter Egonya muncul dia tidak akan memberikan senyuman kepada orang itu bahkan menegurpun tidak. Terkadang ada Alter Ego yang mengalahkan sifat aslinya sehingga Alter Ego itu sendiri yang menjadi sifat asli bagi penderita, dia akan berubah 180 derajat bagi sebelumnya tetapi orang-orang tidak akan menyadarinya karena seseungguhnya sifat asli seseorang itu juga mempunyai sedikit sifat Alter Egonya. Karena itu hanya orang yang memerhatikannya yang akan menyadari. Alter Ego tidak selalu muncul dalam hitungan menit hari ataupun jam, banyak juga Alter Ego dan sifat aslinya muncul bergantian 1 tahun sekali tetapi ada juga yang muncul bergantian dalam 1 menit sekali. Alter Ego juga selalu menjadi tempat ” peng-xpresian diri ” seseorang, karena jika sifat aslinya penakut maka Alter Egonya akan berani bukan ? contohnya seperti ini : jika sifat aslinya selalu ingin melakukan sesuatu tetapi dia tidak berani karena ada yang menentang seperti orang tua ataupun lingkungan sekitar sehingga hal itu hanya tersimpan dalam memorinya, tetapi Alter Egonya itu yang akan meng-xpresikannya karena Alter Egonya bersifat pemberani.*

Nah, teka teki pribadinya?

karakter alter ego sulit ditebak. Artinya, saat ini dia bisa ramah, hangat tapi di lain waktu bisa aja tuh dia berubah drastis kalau alter egonya kumat apalagi sampai ekstrem. kita gabisa bener-bener memprediksi akan jadi apa dia di menit berikutnya atau di lain hari berikutnya dalam waktu yang begitu cepat. Waaawwww -.-”


*dikutip dari: http://ganes-ilmupsikologi.blogspot.co.id/2011/01/alter-ego.html

Dari penjelasan tersebut, saya juga punya ulasan menarik seputar alter ego dari salah seorang teman saya. Sebut saja Vili, teman saya lulusan psikologi yang berbagi cerita seputar alter ego. Menurutnya, alter ego ini juga bisa dipicu karena adanya rasa kurang percaya diri sehingga ia berusaha membuat dirinya diterima oleh orang lain secara drastis dan berlebihan. Kurangnya rasa percaya diri itulah yang memicu timbulnya rasa ingin menjadi orang lain sehingga sifat asli yang menurutnya tidak sesuai berganti menjadi sifat lainnya.  Begitulah yang saya simpulkan dari percakapan saya dengan teman saya tersebut.

Dibalik sisi alter ego, sebenarnya mereka yang memiliki sifat alter ego ini menarik. Mengapa? karena kita bisa menjulukinya aktor ulung. Kita bisa lihat karakter alter ego yag diciptakan oleh penulis syibil yang juga diangkat dari kisah nyata. Pengidap alter ego dapat menjadi orang lain dalam satu waktu di dalam tubuh yang sama. Namun jika demikian itu tak terkendali, justru membahayakan. Seperti yang diungkapkan dari artikel diatas bahwa alter ego ini sifatnya berlebihan. Jadi, kalau kita punya seorang teman yang mengidap alter ego, apa yang bisa kita lakukan?

  • Rajin nanya sama dia, “Kemarin kemana? kenapa bisa berbuat begini/begitu?

Well, mereka yang memiliki alter ego kerapkali ga sadar kalau mereka berada di situasi tertentu karena apa. Mungkin kita sebagai kerabat dekatnya bisa sering ngingetin dia dengan pertanyaan, eh kemarin kayaknya aku lihat kamu deh disini, ngapain? ya kurang lebih bisa dicoba.

  • Bawa ke Psikolog untuk disembuhkan

Karena ini berhubungan dengan penyakit dalam diri, sebaiknya untuk secara teknis kita bisa cari psikolog dan bantu teman kita menceritakan apa yang ia alami dan apa yang kita lihat dari kepribadiannya sehari-hari. Karena berdasarkan kutipan dari ganes-ilmupsikologi.blogspot.co.id/2011/01/alter-ego.html:

Cara menyembuhkannya yaitu dengan menggabungkan kepribadian-kepribadian itu atau dengan cara menghancurkan semua Alter Ego dengan sifat asli ( atau yang mendominasi ). Pada saat digabungkan seseorang akan mendapatkan beberapa sifat dan talenta Alter Egonya, misalnya : jika sifat 1nya pintar daalam hal Verbal seperti pelajaran bahasa, dan sifat 2 pintar dalam hal hitung-hitungan seperti fisika, matematika maka ketika di gabungkan dia akan panda dalam dalam hal Verbal maupun hitung-hitungan.

Nah gimana dengan kita? Setelah mengulas informasi tentang topik ini saya juga penasaran apa saya punya alter ego atau tidak hihihi. Ya semoga aja gapunya. Entah dalam kekuatan lemat ataupun kuat. Thank you Nadya yang udah memberikan tantangan tentang ini.

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s