Kata Psikologi: Si Tipe Extravertion- Intuition-Feeling-Perception (ENFP)

Catatan ini tercipta ketika saya mengikuti tes online MBTI tentang kepribadian manusia pekan lalu. By the way, saya memang suka iseng dengan yang beginian, dalam arti suka ikut-ikut tes karakter cuma untuk have fun atau sekadar tau jati diri sebenarnya hahaha walaupun kadang ga akurat juga. Dulu sempet punya keinginan masuk psikologi tapi karena mempertimbangkan hal-hal tertentu ya gajadi deh hehe. Tapi alhamdulilah semua itu tetap bisa saya pelajari karena di bidang yang saya geluti sekarangpun memang butuh belajar psikologi. Hanya saja spesifikasinya lebih ke psikologi pendidikan dan anak. Kok bisa? iya karena untuk menjadi seorang guru harus bisa memahami karakter si anak ketika belajar. Back to the title. Nah karena ketertarikan saya tersebut, kemarin saya menemukan beberapa aplikasi yang menyediakan tes MBTI online. MBTI itu singkatan dari (Myers-Briggs Type Indicator). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://kap-pendiam.blogspot.co.id/2014/04/mbti-myers-briggs-type-indicator.html

Dari tes tersebut, terdapat serangkaian soal yang cukup membuat saya bimbang tapi akhirnya bisa terjawab dengan mudah. Dari hasil tersebut ternyata yang keluar adalah saya tergolong kelompok ENFP. Kok bisa? gatau lah mereka ngitungnya gimana yang jelas dari jawaban saya, dominan masuk ke kelompok tersebut. Trus apa kata tes itu terhadap orang berkepribadian ENFP?

Ciri-Ciri Umum ENFP               

  • Berorientasi pada Proyek.
  • Cerdas dan mampu.
  • Hangat, benar-benar tertarik pada orang; orang dengan keterampilan baik.
  • Sangat intuitif dan perseptif tentang orang lain.
  • Mampu berhubungan dengan orang lain yang berada di tingkat mereka sendiri,
  • Berorientasi pada pelayanan; cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.
  • Berorientasi pada masa depan.
  • Tidak suka melakukan tugas-tugas rutin
  • Memerlukan persetujuan dan penghargaan dari orang lain.
  • Dapat bekerja sama dan ramah.
  • Kreatif dan energik
  • Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang baik.
  • Pemimpin alami, tapi tidak suka mengontrol orang.
  • Menolak untuk dikendalikan oleh orang lain
  • Dapat bekerja secara logis dan rasional.
  • Biasanya mampu memahami konsep-konsep dan teori yang sulit

Menanggapi penjelasan dari http://www.si-pedia.com/2013/12/tipe-kepribadian-enfp-the-inspirers-dalam-mbti.html saya pun sebenarnya tidak tahu apa benar saya seperti itu selama ini. Ya saya akui tes ini benar-benar sangat membantu saya untuk lebih bisa paham siapa saya sebenarnya. karena kalau menurut pendapat orang pasti berbeda lagi. Sementara untuk gambaran singkatnya, mereka memaparkan: Sosok hangat yang memiliki ansuiasme dan imaginatif. Melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh kemungkinan. Mampu memahami hubungan antara kejadian dan informasi dengan sangat mudah, dan percaya diri melakukan sesuatu berdasarkan pola yang mereka lihat. Menginginkan banyak pengakuan dari orang lain, dan siap memberikan apresiasi dan dukungan. Spontan dan fleksibel, seringkali mengandalkan kemampuan mereka dalam berimprovisasi dan kefasihan lisan mereka.

Mungkin dari sekian penjelasan tentang kepribadian tersebut yang saya rasakan sejauh ini adalah kemungkinan dan feeling yang begitu kuat. Contoh, saya sering menggunakan kata “aku rasa, bla..bla..bla.. ketika saya menyampaikan pendapat. Atau sering juga menggunakan kata “mungkin” disela-sela perkataan saya ketika melihat suatu peristiwa atau informasi. Selain itu, sangat intuitif dan perseptif, cenderung menempatkan kebutuhan orang lain diatas kebutuhan mereka sendiri itu bisa jadi. Contohnya saya sering tuh kalau ada orang yang minta tolong aja susah banget nolak. Apalagi minta sesuatu yang mungkin dalam pikiran saya dia emang benar-benar membutuhkannya walaupun aslinya ga terlalu urgent. Tetapi ga jarang sih, orang-orang tersebut justru berbalik mengabaikan saya ketika permintaannya saya turutin. Hm, hal seperti itu cukup sulit saya atasi. Mungkin bahasa awamnya “ga tegaan” tapi sebenarnya itu buruk katanya. Buruk karena terkesan tidak tegas haha. Sementara untuk ciri-ciri lainnya belum saya renungkan karena bisa jadi iya bisa jadi enggak wkwkwkk

Kalau dalam urusan asmara…

mbti-enfp-kekasih

Tanggapan saya: Yaudah kalau memang saya seperti itu apalagi mau dikata. Setiap sisi positif kan emang selalu baik-baik. Sementara untuk sisi negatifnya:

Ketidaksukaan mereka dengan konflik dan kepekaan mereka yang kadang berlebihan dengan kritik. Kritik begitu menyakitkan bagi karakter mereka, sehingga sangat sulit bagi mereka untuk dapat menerima sebuah kritik. Saat berada pada konflik, mereka kemungkinan akan mengalami stress yang buruk, sayangnya para ENFP cenderung untuk menghindari ketimbang menghadapi situasi konflik, mereka bisa memilih untuk menyerah begitu saja demi mengakhiri sebuah konflik. ENFP yang menghadapi kondisi ini dalam hubungan mereka harusnya berusaha untuk selalu berada pada kontrol diri dan menyadari bahwa situasi ini sama sekali bukan akhir dari dunia. Mereka juga amat perlu untuk terbiasa menerima kritik daripada menghancurkan diri mereka sendiri dengan kritik-kritik yang ditujukan pada diri mereka.

Sisi lainnya ternyata juga ada. Terkadang saya dihujani dengan keinginan kuat untuk diri saya. Meski tergolong ekstrovert, perasaan seperti itu kadang lebih kuat. Seperti sekarang yang saya alami. Pertanyaan yang sering timbul di kepala saya “Apakah setiap orang memiliki perasaan ingin sendiri?” jika iya, saya pun demikian.

Ada juga sumber lain kalau karakter si tipe ini bisa diringkas kurang lebih begini:

13686822_1157032887692414_1948759984_n

*Gambar oleh Google

3 Comments

Tinggalkan Balasan

