#BC31 4 Tips Sehat ala Mbak dwita

Bloggers’challenges return. Akhirnya saya kembali lagi hehehe. Terhitung dua minggu lebih saya tak membuka sama sekali blog saya padahal tagihan tulisan masih ada.

Oke skip.

Long time no see untuk tulisan-tulisan terdahulu. Walaupun isinya entahapa tapi karena menulis udah jadi kesenangan tersendiri, rasanya beda aja. Malam ini saya akan memulai topik dari teman saya, Trias dengan mengajukan topik tentang tips sehat ala penulis. Nah, seputar tips sehat, tentu ga jauh-jauh dengan yang namanya pola hidup. Pola hidup menjadi penentu hidup seseorang apakah tergolong sehat atau belum. Beberapa faktanya dapat kita baca di http://kebijakankesehatanindonesia.net/25-berita/berita/1465-survei-kesehatan-aia-pola-hidup-masyarakat-indonesia-terburuk-di-asia-pasifik.

Dari penjelasan di dalam artikel tersebut, kita bisa paham bahwa pola hidup masyarakat Indonesia sangat jauh berbeda dengan negara-negara lain. Seperti melakukan kegiatan pasif untuk melepas stres seperti menonton dan berkumpul dengan teman-teman. Padahal banyak sekali yang bisa dilakukan untuk tetap hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga. Namun seperti sudah  kita ketahui, olahraga sudah menjadi rahasia umum untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Selain olahraga ada beberapa hal sederhana yang juga mampu membantu kita untuk tetap mengikuti pola hidup sehat. Apa sajakah itu? yuk kita bahas.

#Hidup sehat 1: Mengonsumsi Sayuran Rebusan

Kenapa sayur? karena sayur menyehatkan. Kalau dari saya, ketika disuruh memilih daging atau sayur saya cenderung pilih sayur. Tapi bukan berarti tidak suka daging. Suka hanya saja kurang begitu suka. Ketika masih kecil, ibu saya sering memasak sayur rebusan hingga sekarang. Sayuran rebusan lebih segar saja sih ketimbang sayur tumis atau pake bumbu perencah. Apalagi sayuran hijau dan diiringi dengan sambel belacan. Wah jadi lapar hehe. Sayuran rebusan yang dimaksud adalah sayuran  yang berwarna hijau seperti bayam, sawi hijau, daun ubi, daun katu, kangkung, daun kates dll. Selain rasanya lezat, sayuran rebusan juga banyak manfaatnya. Dilansir dari liputan6.com, fakta memakan sayuran rebusan bermanfaat untuk:

a. Membantu menurunkan berat badan

Sayuran rendah kalori dan tinggi nutrisi serta air dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Konsumsi sayuran rebus memastikan makanan itu bebas lemak. Selain itu, sayuran rebus mengandung serat dalam jumlah tinggi.

b. Mencegah asam lambung

Kita bisa mencegah asam lambung dengan mengonsumsi sayuran rebus karena sayuran tak hanya memerlukan sedikit asam lambung untuk mencerna makanan tapi juga cepat membersihkan dari perut kita.

Cara tersebut membuat waktu sayuran di dalam perut kita sebentar sehingga menurunkan risiko asam lambung.

c. Pengobatan dan melindungi batu ginjal

Apabila kita menderita batu ginjal, masukkan sayuran rebus dalam diet Anda untuk mencegah komplikasi kesehatan. Air yang mendidih menghilangkan 87 persen oksalat (senyawa yang berperan dalam pembentukan batu ginjal) yang hadir dalam makanan, mengonsumsi sayuran rebus secara teratur bisa membantu pengobatan batu ginjal.

Selain itu, menambahkan sayuran rebus untuk makanan kita bisa mencegah batu ginjal.

d. Mudah dicerna

Sayuran rebus mudah dicerna dan cepat dihancurkan di perut. Ini karena sayuran yang di dalam air mendidih memecah senyawa komplek yang ada menjadi bentuk yang sederhana, sehingga mudah dicerna.

Selain itu, sayuran rebus bisa dikunyah dengan mudah dan baik dikonsumsi untuk orang yang menderita masalah kesehatan seperti demam atau diare.

e.Membuat kulit sehat

Agar kulit bercahaya alami, cobalah makanan yang sehat dan tetap terhidrasi. Ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran rebus yang tinggi kadar airnya dan nutrisi penting seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang mencegah masalah kulit.

Makan sayuran rebus seperti wortel, bayam, tomat, bit, atau ubi bisa menyehatkan dan membuat kulit bercahaya.

f. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Ahli Transplantasi Rambut Sakshi Sareen mengatakan, sayuran seperti wortel bagus untuk pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Kita cukup merebus wortel, menggilingnya dengan menambahkan air (tambahan air bekas rebusan). Kemudian oleskan pasta wortel itu di kulit kepala Anda dan biarkan selama 30 menit.

Bilas rambut dengan air hangat dan lakukan secara teratur untuk hasil yang efektif.

g.Makanan bayi

Kita mungkin tak menyadari bahwa sayuran rebus menjadi pilihan yang sangat baik bagi bayi ketika memulai mengajarkan makanan.

Kentang rebus dan tumbuk menjadi makanan yang membuat perut anak  kenyang dan menyediakan semua nutrisi penting.

Selain itu, sayuran rebus mudah dicerna, rendah kalori dan tinggi kandungan air.

h.Membantu dan mengobati peradangan di perut

Radang lambung yang disebabkan bakteri Helicobacter pylori bisa diobati dengan mengubah pola makan seperti mengonsumsi sayuran rebus. Makanan yang direbus bisa mudah dicerna dan tekanan pada perut menjadi berkurang. Selain itu, senyawa kompleks yang hadir dalam makanan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Ini yang membuat pemulihan dari infeksi lebih mudah.

#Hidup Sehat 2: Bawa Air putih di Tupperware

Hidup sehat yang kedua ala saya adalah sedia air putih di tupperware. Saya sendiri tidak setiap saat tetapi tergolong sering. Kadang ketika di kampus, rasanya beda kalau ga bawa air puth dari rumah. Ya walaupun aqua tersedia di kantin terdekat. Tapi kalau boleh jujur, membawa air putih itu emang mujarab sekali kalau kita tiba-tiba haus dan jauh dari kantin, atau lagi hang out tapi ga nyediain air putih. Kalau ditanya kenapa harus air putih jawaban saya karena air putih itu jenis minuman netral yang bisa masuk ke segala jenis makanan apapun hehehe.

#Hidup Sehat 3: Tidur Sesaat Walau Hanya 15 Menit

Nah tidur yang saya maksud disini adalah ketika kita punya waktu istirahat sebelum masuk waktu zuhur atau antara jam 12 sampai setengah satu, coba deh readers melepas penat dengan tidur sebentar di waktu tersebut dan rasanya jauh lebih beda ketimbang kita  ga tidur. Saya pernah melakukan ini pada saat masa kuliah dulu. Lupa semester berapa yang pasti saat itu jadwal lagi padat-padatnya dan hanya punya waktu istirahat jam 12 sampai jam 1. Nah karena terasa lelah, sebelum memasuki waktu shalat zuhur saya sempatkan untuk tidur selama kurang lebih 15 menit. Tak lama kemudian saya pun terbangun dan sudah azan, langsung bergegas untuk mengambil air wudhu. Ketika bagun, saya merasa sedikit lebih segar dan pusing saya hilang. Begitulah pola hidup itu berawal hingga sekarang ketika saya di suatu tempat dan tempat itu mendukung untuk rebahan saya tak ragu untuk merebahkan diri saya di waktu tersebut walau hanya 15 menit saja heheehe. Readers penasaran? cobain deh, rasanya beda.

#Hidup Sehat 4: Tetap Semangat dan Sering Berfikir Positif

Dalam hidup, tidak selamanya kita menghadapi situasi menyenagkan. Kadangkala kita sering mendapati kekecewaan, kekesalan hingga kesedihan. Kontradiksi dari sesuatu yang kita senangi itu menjengkelkan tapi yang perlu kita ketahui bahwa hidup ini tidak selalu tentang yang kita inginkan. Ketika menghadapi situasi tersebut, salah satu cara yang sampai  saat ini saya lakukan adalah menjalani hidup dengan semangat dan membiasakan diri untuk selalu berfikiran positif. Perbuatan semangat disini tidak harus pake yel yel kemana-mana atau ala-ala cheerleaders, tapi lebih kepada senang menjalaninya dan penuh energik. Tidak mengeluh apalagi lesu. Kalau kata salah satu iklan , “karena hidup banyak dirasa” hihi. Karena itu pulalah kita juga harus membiasakan diri kita untuk semangat menghadapi rasa yang beda-beda dalam hidup kita. Disamping itu kita juga mengiringinya dengan fikiran positif dalam menyikapi suatu hal. Memang, fikiran negatif itu kadang bisa timbul kapan aja tapi patahkanlah dengan fikiran positif sehingga kita pun ga melulu resah menghadapi masalah. Insya Allah kita pasti mudah kok melakukannya.

Nah itulah 4 poin hidup sehat ala mbak dwita. Gimana dengan readers? sebenernya masih banyak lagi versi tips hidup sehat di google dan artikel lainnya hanya saja dari 4 poin ala mbak dwita tentulah dari pengalaman dan sudut pandang saya saja hehe. Semoga tips diatas  bermanfaat ya. Thanks to Trias yang udah memberikan topik ini. Ga hanya sekadar memenuhi tantanga tapi jadi referensi tambahan untuk pembaca lainnya. Semoga~

Advertisements

7 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s