#BC39 Ngatur Uang? Gampang kok :)

Bloggers’ challenges return.

Tulisan ini tercipta untuk memenuhi tantangan dari teman saya, Betha dengan topik cara me-manage uang ala kamu. Beberapa dari kita sering kan ya habis belanja suka ga sadar di dompet udah tinggal 2 ribu, belum lagi uang parkir. Dulu saya pernah ngalamin yang namanya uang ajaib. Lah, uangnya bisa hilang gitu mba? bukan, tapi uangnya nyelip entah kemana. Jadi misteri hii. Ga nemu udah dicari-cari bolak-balik dan ujung-ujungnya ngakuin, lupa ngeletaknya dimana. Nah lalu gimana cara ngatasi kalau kita sadar uang kita udah terlalu banyak keluar dan lupa kemana aja? Sedikit cara dari saya semoga bisa membantu.

  1. Buat List Barang yang Wajib dibeli

Ini penting. Terlepas dari barang-barang yang pengen banget di beli, terkadang kebutuhan-kebutuhan bisa terlupakan. Nah untuk menghindarinya, ga ada salahnya kita buat list barang-barang apa aja yang wajib dibeli. Misal keperluan rumah tangga; sabun mandi, sabun cuci piring, bedak, pasta gigi, sikat gigi, dll. Dikategorikan wajib karena demi keberlangsungan kebutuhan untuk sebulan kedepannya. Kebayang kan kalau mandi ga ada sabun, ga sikat gigi dan uangnya habis kepake buat beli boneka atau barang kesukaan kita lainnya.

2. Ketika Uang Ga Mendukung  untuk Jajan Banyak, Beli yang Receh pun Oke

Nahhhh. Biasa uang sembelit bin mencekit kantong itu pada saat akhir bulan wkwkk. Untuk ngantisipasinya dari yang pernah saya lakuin adalah berapa yang ada uang di tangan libas aja sekalipun receh. Artinya kita ga harus nahan-nahan laper karena kita tetap bisa jajan meskipun tergolong receh dimata orang alias murah meriah. Ya contohnya beli roti gitu untuk nge-ganjel perut supaya ga kosong atau apa lah yang bisa membantu diri kita untuk kenyang walau sesaat. Kalau udah soal jajan, tentu kebanyakan jajanan yang tidak sehat yang sering kita jumpai tetapi itu juga ada cara menghindarinya; bawa bekal dari rumah hehe.

3. Ngumpulin Struk Belanja Sesudah Belanja

Berawal dari kesenangan dan sepertinya ga terlalu berarti untuk dikumpulin banyak-banyak didalam dompet karena pada akhirnya tinta struk belanja bakal luntur juga. Trus apa hubungannya dengan me-manage uang? Mungkin bisa buat penekanan pengeluaran untuk bulan selanjutnya dan lebih teliti ketika berbelanja apa aja barang yang buat mahal sampai uang kandas mungkin hehehe. Tapi maksud penulis, penulis lebih nyaranin kalau sehabis belanja struk belanjanya jangan buru-buru dibuang dulu, jadi bisa ngeliat ntar bulan depan barang ini, itu, pemakaiannya lebih hemat lagi tapi kalau mau coba ngumpulin struknya ga masalah kok.

4.  Kurangi Keinginan Membeli Barang yang Sedikit Manfaatnya

Saran saya yang ke-empat adalah belajar mengurangi keinginan yang begitu mnggebu-gebu terhadap sesuatu yang sedikit manfaatnya walaupun itu adalah sesuatu yang kita suka. Misal kita pengen banget beli baju yang harganya sampe ratusan ribu sementara dilain sisi kita harus beli buku untuk bahan kuliah. Kira-kira kita beli buku atau beli baju? Nah karena nilai manfaat buku lebih besar ketimbang baju, tentu saya memilih beli buku dulu sedangkan baju masih ada buat dipake aja udah cukup. Terkadang keinginan yang menggebu-gebu sangat sulit dikontrol tapi percayalah ketika kita berhasil memprioritaskan hal-hal yang besar manfaatnya maka kita juga bakalan ngerasain hal yang bermanfaat yang besar pula, kalau belinya ikhlas hehe

5.  Menyisihkan Uang Pegangan Untuk Akhir Bulan

Untuk point kali ini, kebanyakan orang kebablasan ketika awal bulan lagi banyak-banyaknya duit, beli apa yang pengen banget dibeli sampai terkadang lupa akhir bulan lebih mencekam kalau ga punya pegangan. Saya pernah ngalami ini dan rasanya ga punya uang pegangan itu sedih banget. Bahkan untuk beli hal-hal yang sederhana kud ditahan sampe awal bulan. tapi itu ga bakalan terjadi kalau kamu mampu menahan godaan di awal bulan dengan membeli yang penting-penting saja dan di akhir bulan kita cukup tenang menghadapinya. meskipun saya bukan anak kost, tapi mengatur uang adaah suatu tantangan yang ga akan ada habisnya buat saya dan tetap aja harus pinter-pinter berhemat. Yang paling penting kita tetap bisa mengontrol diri karena kebutuhan semakin hari semakin tidak bisa diprediksi.

Pada akhirnya kita emang bener-bener harus prepare dengan semua keinginan dan kebutuhan kita, entah setiap hari ataupun waktu luang kita tentu bisa melakukannya.

Thanks to Beta untuk topiknya kali ini. Buat readers yang lain gimana? Semoga bermanfaat tips ala-ala dari saya. Topik ke-39 selesai ^-^

Iklan

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s