#BC43 Bincang Psikologi: Karakter dan Kepribadian Pada Mahasiswa

Bloggers’ Challenges return..

Tulisan ini tercipta untuk memenuhi tantangan dari teman saya, Fiqri dengan topik karakter dan kepribadian pada mahasiswa. Hmm sejujurnya buat pusing bin mikir keras untuk ngejabarin topik kali ini. Bisa dibilang ini erat skali kaitannya dengan belajar psikologi hmmm. Yaudah, kita bahas pelan-pelan mulai dari…

Pertanyaan 1: Perbedaan karakter dan kepribadian itu apa ya?

Setelah saya mencari sumber-sumber yang cukup meyakinkan, ternyata karakter itu…..

Saunders (1977) menjelaskan karakter adalah sifat individu yang nyata dan berbeda dari orang lain, yang biasanya sikap tersebut ditunjukkan melalui atribut, prilaku, kegiatan, yang dapat diamati pada oleh orang lain. Karakter yang dimiliki manusia tentu beragam. Sementara dikutip dari https://experiencing-life.com/2016/03/13/karakter-bagian-1-beda-karakter-kepribadian-sifat-dan-temperamen/, perbedaan mendasar antara karakter dan kepribadian adalah:

  • Karakter merupakan kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang menjadikannya unik, berdasarkan apa yang ia sudah miliki sejak lahir (genetik) maupun apa yang ia pelajari dalam hidupnya (lingkungan). Jadi, karakter dapat juga disebut sebagai learned behavior. 
  • Kepribadian merupakan kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang mengarahkannya untuk berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku tertentu yang khas dalam berhubungan dengan lingkungannya. Kepribadian berasal dari kata Persona, yang berarti ‘topeng’. Namun bukan berarti bahwa kepribadian merupakan cara seseorang menutupi identitas dirinya. Kata persona dalam Bahasa Yunani lebih merujuk pada simbol yang merepresentasikan identitas seseorang; ‘alat’ yang digunakan oleh seseorang untuk memperkenalkan dirinya pada dunia. Lickerman mengatakan bahwa kepribadian lebih bersifat menetap dan dipengaruhi oleh faktor keturunan, sedangkan karakter lebih terbentuk karena pembelajaran terhadap nilai dan kepercayaan.

Penjelasan dari teori diatas membuktikan bahwa karakter dan kepribadian punya sisi yang berbeda, yakni karakter bisa dipengaruhi dari lingkungannya dan cenderung dapat diubah melalui pembelajaran terhadap nilai dan kepercayaan sedangkan kepribadian bersifat permanent atau melekat karena didapat dari faktor keturunan atau bahasa sehari-hari kita mengenal dengan kalimat, “Udah bawaan lahir”. Lalu yang akan kita bahas disini apakah berkutat di teori saja? tentu tidak. Selain kita perlu mengetahui perbedaan mendasar dari karakter maupun kepribadian, kita juga harus tahu, jenis-jenis karakter manusia, dalam hal ini mahasiswa.

Berbicara tentang jenis-jenis karakter beragam jenisnya. Tapi ada hal unik yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada tahun 1940. Ia mengembangkan pengukuran kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Dalam hal ini, Myers membagi tipe karakter menjadi 16 yang kita kenal dengan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). 

CognitiveFunctions

ENFJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Givers” (Pemberi) & “Teacher” (Pengajar)

PENJELASAN SINGKAT

Bersifat hangat, berempati, pendengar yang baik, dan bertanggung jawab. Sangat menyesuaikan diri dengan emosi, kebutuhan, dan motivasi dari orang lain. Mereka melihat potensi pada setiap orang, dan ingin membantu mereka untuk mencapai potensi mereka. Dapat bertindak sebagai pendorong untuk pertumbuhan individu dan kelompok. Loyal, mau mendengarkan pujian ataupun kritik. Suka bergaul, memudahkan orang lain dalam kelompok mereka, dan menghadirkan kepemimpinan yang bersemangat.

CIRI-CIRI

  • Kreatif, imajinatif, peka, sensitive, loyal.
  • Pada umumnya peduli pada apa kata orang atau apa yang orang lain inginkan dan cenderung melakukan sesuatu dengan memperhatikan perasaan orang lain.
  • Pandai bergaul, meyakinkan, ramah, fun, populer, simpatik. Responsif pada kritik dan pujian.
  • Menyukai variasi dan tantangan baru.
  • Butuh apresiasi dan penerimaan.

ENFP


DIKENAL SEBAGAI

“The Inspirers” (Penjiwa) & “Champion” (Juara)

PENJELASAN SINGKAT

Sosok hangat yang memiliki ansuiasme dan imaginatif. Melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh kemungkinan. Mampu memahami hubungan antara kejadian dan informasi dengan sangat mudah, dan percaya diri melakukan sesuatu berdasarkan pola yang mereka lihat. Menginginkan banyak pengakuan dari orang lain, dan siap memberikan apresiasi dan dukungan. Spontan dan fleksibel, seringkali mengandalkan kemampuan mereka dalam berimprovisasi dan kefasihan lisan mereka.

CIRI-CIRI

  • Ramah, hangat, enerjik, optimis, antusias, semangat tinggi, fun.
  • Imaginatif, penuh ide, kreatif, inovatif.
  • Pandai berkomunikasi, senang bersosialisasi & membawa suasana positif.
  • Mudah membaca perasaan dan kebutuhan orang lain.

ENTJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Executives” (Pelaksana) & “Fieldmarshal” (Panglima)

PENJELASAN SINGKAT

Berterus terang, menentukan, siap memikul kepemimpinan. Dengan mudah melihat prosedur atau kebijakan yang tidak efisien dan tidak logis, mampu mengembangkan dan mengimplementasikan sistem yang luas untuk menyelesaikan masalah-masalah organisasi. Menyukai rencana jangka panjang, dan penetappan tujuan. Biasanya berpengetahuan luas, pembaca yang baik, senang mengembangkan pengetahuan mereka dan menyampaikannya kepada orang lain. Terkadang memaksa dalam menyajikan ide-ide mereka.

CIRI-CIRI

  • Tegas, asertif, to the point, jujur terus terang, obyektif, kritis, & punya standard tinggi.
  • Dominan, kuat kemauannya, perfeksionis dan kompetitif.
  • Tangguh, disiplin, dan sangat menghargai komitmen.
  • Cenderung menutupi perasaan dan menyembunyikan kelemahan.
  • Berkarisma, komunikasi baik, mampu menggerakkan orang.
  • Berbakat pemimpin.

ENTP


DIKENAL SEBAGAI

“The Visionaries” (Visioner) & “Inventor” (Penemu)

PENJELASAN SINGKAT

Cepat, berbakat, pendorong, siaga, and blak-blakan. Sanggup untuk memecahkan masalah yang menantang. Dapat menganalisa kemungkinan secara strategis. Mampu membaca orang lain. Jenuh dengan rutinitas, tidak tertarik melakukan hal yg sama berulang-ulang, lalu mencoba hal yang menarik minatnya. Good at reading other people.

CIRI-CIRI

  • Gesit, kreatif, inovatif, cerdik, logis, baik dalam banyak hal.
  • Banyak bicara dan punya kemampuan debat yang baik. Bisa berargumentasi untuk senang-senang saja tanpa merasa bersalah.
  • Fleksibel. Punya banyak cara untuk memecahkan masalah dan tantangan.
  • Kurang konsisten. Cenderung untuk melakukan hal baru yang menarik hati setelah melakukan sesuatu yang lain.
  • Punya keinginan kuat untuk mengembangkan diri.

ESFJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Caregivers” (Pengasuh) & “Provider” (Pemberi)

PENJELASAN SINGKAT

Bersahabat, bersungguh-sungguh, dan dapat bekerja sama. Menginginkan keharmonisan dalam lingkungan mereka, mereka bekerja dengan kebulatan tekad. Senang bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan teliti, dan tepat waktu. Loyal, melaksanakan tugas hingga hal-hal kecil sekalipun. Memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan orang lain dalam keseharian mereka dan, mencoba untuk memenuhi itu semua. Ingin dihargai untuk siapa diri mereka dan segala kontribusi mereka.

CIRI-CIRI

  • Hangat, banyak bicara, populer, dilahirkan untuk bekerjasama, suportif dan anggota kelompok yang aktif.
  • Membutuhkan keseimbangan dan baik dalam menciptakan harmoni.
  • Selalu melakukan sesuatu yang manis bagi orang lain. Kerja dengan baik dalam situasi yang mendukung dan memujinya.
  • Santai, easy going, sederhana, tidak berfikir panjang.
  • Teliti dan rajin merawat apa yang ia miliki.

ESFP


DIKENAL SEBAGAI

“The Performers” (Pemain) & “Performer” (Pemain)

PENJELASAN SINGKAT

Ramah, bersahabat, dan menerima. Sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. Senang bekerja dengan orang lain dalam menyelesaikan sesuatu. menggunakan akal sehat dan pendekatan realistis dalam pekerjaan, dan menjadikan pekerjaan sebagai sebuah kesenangan. Fleksibel dan spontan, beradaptasi dengan mudah ke orang-orang dan lingkungan baru . Cara belajar terbaik mereka adalah dengan mencoba keterampilan baru bersama orang lain.

CIRI-CIRI

  • Outgoing, easygoing, mudah berteman, bersahabat, sangat sosial, ramah, hangat, & menyenangkan.
  • Optimis, ceria, antusias, fun, menghibur, suka menjadi perhatian.
  • Punya interpersonal skill yang baik, murah hati, mudah simpatik dan mengenali perasaan orang lain. Menghindari konflik dan menjaga keharmonisan suatu hubungan.
  • Mengetahui apa yang terjadi di sekelilingnya dan ikut serta dalam kegiatan tersebut.
  • Sangat baik dalam keadaan yang membutuhkan common sense, tindakan cepat dan ketrampilan praktis.

ESTJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Guardians” (Pelindung) & “Supervisor” (Pengawas)

PENJELASAN SINGKAT

Praktis, realistis, berpegang pada fakta. Tegas, dengan cepat mengimplementasikan keputusan. Untuk menyelesaikan sesuatu mereka mampu mengatur pekerjaan, dan orang lain, terfokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang memungkinkan dan paling efisien. Selalu menjaga detail rutinitas. Memiliki standart logika yang jelas, yang secara sistematis menuntun mereka, dan mereka ingin orang-oranglain juga menggunakan standart logika itu. Terkadang memaksa agar rencana mereka dapat terimplementasikan.

CIRI-CIRI

  • Praktis, realistis, berpegang pada fakta, dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis.
  • Sangat sistematis, procedural dan terencana.
  • Disiplin, on time dan pekerja keras.
  • Konservatif dan cenderung kaku.
  • Tidak tertarik pada subject yang tidak berguna baginya, tapi dapat menyesuaikan diri jika diperlukan.
  • Senang mengorganisir sesuatu. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan perspektif orang lain.

ESTP


DIKENAL SEBAGAI

“The Doers” (Pelaku) & “Promoter” (Promotor)

PENJELASAN SINGKAT

Fleksibel dan Toleran, mereka mengambil pendekatan praktis yang berfokus pada hasil yang langsung. Teori dan penjelasan konseptual membosankan bagi mereka ? mereka biasanya bertindak energik untuk memecahkan masalah. Berfokus pada dimana mereka saat ini, dan sekarang, bersifat sponta, menikmati saat-saat dimana mereka bisa aktif berinteraksi dengan orang lain. Menikmati kenyamanan material dan gaya. Mereka belajar sangat baik belajar dengan melakukan sesuatu.

CIRI-CIRI

  • Spontan, Aktif, Enerjik, Cekatan, Cepat, Sigap, Antusias, Fun dan penuh variasi.
  • Komunikator, asertif, to the point, ceplas-ceplos, berkarisma, punya interpersonal skill yang baik.
  • Baik dalam pemecahan masalah langsung di tempat. Mampu menghadapi masalah, konflik dan kritik. Tidak khawatir, menikmati apapun yang terjadi.
  • Cenderung untuk menyukai sesuatu yang mekanistis, kegiatan bersama dan olahraga.
  • Mudah beradaptasi, toleran, pada umumnya konservatif tentang nilai-nilai. Tidak suka penjelasan terlalu panjang. Paling baik dalam hal-hal nyata yang dapat dilakukan.

INFJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Protectors” (Pelindung) & “Counselor” (Penasihat)

PENJELASAN SINGKAT

Pencari makna dan hubungannya dengan ide-ide, hubungan sosial, dan pekerjaan. Selalu ingin memahami tentang pola pikir orang lain, dan belajar tentang apa yang memotivasi seseorang dalam kehidupan. Seorang yang bersungguh-sungguh dan berkomitmen dengan apa yang mereka kerjakan. Memiliki misi yang jelas tentang bagaimana cara terbaik untuk melayani kepentingan umum. Terorganisir dan Tegas dalam melaksanakan visi mereka.

CIRI-CIRI

  • Perhatian, empati, sensitif & berkomitmen terhadap sebuah hubungan.
  • Sukses karena ketekunan, originalitas dan keinginan kuat untuk melakukan apa saja yang diperlukan termasuk memberikan yg terbaik dalam pekerjaan.
  • Idealis, perfeksionis, memegang teguh prinsip.
  • Visioner, penuh ide, kreatif, suka merenung dan inspiring.
  • Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik.

INFP


DIKENAL SEBAGAI

“The Idealist” (Idealis) & “Healer” (Penyembuh)

PENJELASAN SINGKAT

Idealis, setia kepada prinsip yang mereka genggam serta orang-orang yang penting bagi mereka. Ingin kehidupan yang selaras dengan prinsip yang mereka genggam. Ingin tahu, mudah untuk melihat kemungkinan, bisa menjadi pemicu untuk memulai mewujudkan ide-ide. Berusaha untuk memahami orang lain, dan membantu mereka untuk mencapai potensi mereka. Mudah beradaptasi, fleksibel, dan mudah menerima, kecuali jika itu bertentangan dengan prinsip-prinsip mereka.

CIRI-CIRI

  • Sangat perhatian dan peka dengan perasaan orang lain.
  • Penuh dengan antusiasme dan kesetiaan, tapi biasanya hanya untuk orang dekat.
  • Peduli pada banyak hal. Cenderung mengambil terlalu banyak dan menyelesaikan sebagian.
  • Cenderung idealis dan perfeksionis.
  • Berpikir win-win solution, mempercayai dan mengoptimalkan orang lain.

INTJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Scientists” (Ahli Keilmuan) & “Mastermind” (Pengatur)

PENJELASAN SINGKAT

Memiliki pemikiran yang orisinil dan motivasi yang kuat untuk menerapkan ide-ide mereka hingga mencapai tujuan. Cepat melihat pola dalam peristiwa yang terjadi disekitar mereka, dan mampu menyusun perspektif jangka panjang yang jelas. Bila hendak melakukan sesuatu, ia akan mengorganisir lalu segera melaksanakannya. Sering kali bersifat skeptis namun mandiri, memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri mereka sendiri maupun orang lain.

CIRI-CIRI

  • Visioner, punya perencanaan praktis, & biasanya memiliki ide-ide original serta dorongan kuat untuk mencapainya.
  • Mandiri dan percaya diri.
  • Punya kemampuan analisa yang bagus serta menyederhanakan sesuatu yang rumit dan abstrak menjadi sesuatu yang praktis, mudah difahami & dipraktekkan.
  • Skeptis, kritis, logis, menentukan (determinatif) dan kadang keras kepala.
  • Punya keinginan untuk berkembang serta selalu ingin lebih maju dari orang lain.
  • Kritik & konflik tidak menjadi masalah berarti.

INTP


DIKENAL SEBAGAI

“The Thinkers” (Pemikir) & “Architect” (Arsitek)

PENJELASAN SINGKAT

Berusaha membangun penjelasan yang masuk akal untuk segala sesuatu yang menarik bagi mereka. Teoritis dan abstrak, lebih tertarik pada ide-ide daripada interaksi sosial. Tenang, cerdas, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Memiliki kemampuan yang tidak biasa untuk fokus dan mendalami pemecahan masalah pada bidang yang menjadi minat mereka. Skeptis, terkadang kritis, dan selalu analitis.

CIRI-CIRI

  • Sangat menghargai intelektualitas dan pengetahuan. Menikmati hal-hal teoritis dan ilmiah. Senang memecahkan masalah dengan logika dan analisa.
  • Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri.
  • Cenderung kritis, skeptis, mudah curiga dan pesimis.
  • Tidak suka memimpin dan bisa menjadi pengikut yang tidak banyak menuntut.
  • Cenderung memiliki minat yang jelas. Membutuhkan karir dimana minatnya bisa berkembang dan bermanfaat. Jika menemukan sesuatu yang menarik minatnya, ia akan sangat serius dan antusias menekuninya.

ISFJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Nurturers” (Pengasuh) & “Protector” (Pelindung)

PENJELASAN SINGKAT

Tenang, ramah, bertanggung jawab, dan teliti. Berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam memenuhi kewajibannya. Cermat, telaten, dan akurat. Loyal, baik hati, perhatian dan selalu mengingat secara spesifik tentang orang-orang yang penting bagi mereka, peduli dengan perasaan orang lain. Berupaya untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan harmonis di tempat kerja maupun di rumah.

CIRI-CIRI

  • Penuh pertimbangan, hati-hati, teliti dan akurat.
  • Serius, tenang, stabil namun sensitif.
  • Ramah, perhatian pada perasaan & kebutuhan orang lain, setia, kooperatif, pendengar yang baik.
  • Punya kemampuan mengorganisasi, detail, teliti, sangat bertanggungjawab & bisa diandalkan.

ISFP


DIKENAL SEBAGAI

“The Artist” (Seniman) & “Composer” (Pengarang)

PENJELASAN SINGKAT

Tenang, ramah, sensitif, dan baik hati. Menikmati apa yang sedang terjadi saat ini, apa yang terjadi di sekitar mereka. Ingin memiliki ruang mereka sendiri dan bekerja dalam rentang waktu mereka sendiri. Loyal dan berkomitmen untuk prinsip yang mereka genggam serta orang-orang yang penting bagi mereka. Tidak menyukai perselisihan dan konflik, tidak memaksakan pendapat atau prinsip mereka pada orang lain.

CIRI-CIRI

  • Berpikiran simpel & praktis, fleksibel, sensitif, ramah, tidak menonjolkan diri, rendah hati pada kemampuannya.
  • Menghindari konflik, tidak memaksakan pendapat atau nilai-nilainya pada orang lain.
  • Biasanya tidak mau memimpin tetapi menjadi pengikut dan pelaksana yang setia.
  • Seringkali santai menyelesaikan sesuatu, karena sangat menikmati apa yang terjadi saat ini.
  • Menunjukkan perhatian lebih banyak melalui tindakan dibandingkan kata-kata.

ISTJ


DIKENAL SEBAGAI

“The Duty Fulfillers” (Pekerja Keras) & “Inspector” (Pengawas)

PENJELASAN SINGKAT

Tenang, serius, meraih kesuksesannya dengan ketelitian dan kehandalannya dalam bekerja. Praktis, orienatsi pada fakta, realistis, dan bertanggung jawab. Memutuskan apa yang harus dilakukan dengan logis, dan bekerja dengan tekun pada satu hal, tanpa mempedulikan gangguan. Mereka merasa senang dengan segala sesuatu yang tertib dan teratur pada pekerjaan mereka, rumah mereka, dan kehidupan mereka. Memegang nilai-nilai tradisi dan loyalitas.

CIRI-CIRI

  • Serius, tenang, stabil & damai.
  • Senang pada fakta, logis, obyektif, praktis & realistis.
  • Task oriented, tekun, teratur, menepati janji, dapat diandalkan & bertanggung jawab.
  • Pendengar yang baik, setia, hanya mau berbagi dengan orang dekat.
  • Memegang aturan, standar & prosedur dengan teguh.

ISTP


DIKENAL SEBAGAI

“The Mechanics” (Mekanik) & “Crafter” (Pengrajin)

PENJELASAN SINGKAT

Bersikap toleran, dan fleksibel, pengamat yang tenang sampai masalah tampak, kemudian bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. Menganalisis apa yang membuat sesuatu bekerja, dan mampu dengan segera menemukan berbagai data untuk mengisolasi inti dari masalah. Tertarik dengan sebab dan akibat, mengolah fakta menggunakan prinsip masuk akal, dan efisien.

CIRI-CIRI

  • Tenang, pendiam, cenderung kaku, dingin, hati-hati, penuh pertimbangan.
  • Logis, rasional, kritis, obyektif, mampu mengesampingkan perasaan.
  • Mampu menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang.
  • Percaya diri, tegas dan mampu menghadapi perbedaan maupun kritik.
  • Mampu menganalisa, mengorganisir, & mendelegasikan.
  • Problem solver yang baik terutama untuk masalah teknis & keadaan mendadak.

Terus hubungannya dengan mahasiswa dimana? sama saja. Kan mahasiswa juga manusia wkwkwkk.

Kalau penasaran dengan tipe kamu dari tes si Myers, bisa kunjungi http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia.html

Karakter sudah. Gimana dengan kepribadian?

Kalau tadi si Myers menjelaskan 16 tipe karakter manusia, kali ini giliran kepribadian nih yang jadi bahan diskusi kita kali ini. Dikutip dari http://halosehat.com, tipe kepribadian dari beberapa ahli terbagi menjadi 16. apa sajakah itu?

Menurut Hippocrates

Hippocrates dikenal sebagai salah satu filsuf terkemuka dari Yunani Kuno yang membagi kepribadian manusia menjadi empat, yakni plegmatis, melankolis, koleris dan sanguin. Keempat kepribadian individu tersebut adalah berdasarkan unsur alam semesta, yaitu api, udara, air dan tanah dengan sifatnya yang panas, dingin, basah dan kering.

1. Plegmatis

Ini adalah jenis kepribadian individu yang selalu cinta damai dengan menjadi netral dalam segala kondisi konflik tanpa ingin memilih kubu. Dalam kehidupan sosialnya, individu plegmatis akan lebih senang menjadi pendengar yang baik daripada sebagai pelaku cerita. Manusia berkepribadian plegmatis mempunyai selera humor yang bagus walau sarkatik (sifat humor yang menyinggung atau mengejek), menyukai keteraturan, mudah bergaul, serta suka mencari jalan pintas. Individu ini juga tidak suka dipaksa, suka menunda sesuatu hal dan memiliki antusias yang kurang terhadap hal-hal baru.

2. Melankolis

Individu dengan pribadi melankolis adalah tipe manusia yang memiliki sifat analitis, suka memerhatikan orang lain, perfeksionis, hemat, tidak begitu menyukai perhatian, serius, artistik, sensitif dan senantiasa rela berkorban. Hanya saja tipe pribadi melankolis biasanya berfokus pada sebuah cara atau proses ketimbang tujuan. Mereka yang melankolis pun kurang bisa menyuarakan opininya, seringkali juga memandang masalah dari sisi buruknya, serta kurang mampu bersosialisasi dengan baik. Banyak orang yang melankolis berbakat menjadi seorang pengusaha yang hebat dan sukses.

3. Koleris

Manusia dengan kepribadian koleris memiliki kemampuan memimpin yang bagus karena bisa dengan mudah mengambil sebuah keputusan. Orang-orang koleris memiliki tujuan yang baik untuk ke depannya serta selalu produktif dan dinamis. Koleris pun adalah pribadi yang menyukai kebebasan dan selama hidupnya akan selalu bekerja keras. Hanya saja, tipe koleris suka memerintah karena sifat kepemimpinannya, susah untuk mengalah, menyukai pertentangan, mudah terpancing emosi, tidak mudah untuk disuruh sabar, dan termasuk tipe yang keras kepala karena kemauannya yang keras.

4. Sanguin

Manusia dengan jenis kepribadian sanguin adalah mereka yang memiliki sifat sedikit seperti anak-anak. Sanguin biasanya tidak menemukan masalah dalam kehidupan sosialnya karena mudah bergaul dan akrab walau dengan orang yang baru dikenal. Sanguin sangat suka bicara, dan gampang untuk mengikuti sebuah kelompok. Di balik sisi positifnya, individu bertipe kepribadian sanguin memang agak susah untuk berkonsentrasi pada suatu hal, ia juga egois, pelupa, suka terlambat, dan seringkali membuat satu hal kecil menjadi besar.

Sanguin yang selalu ikut tren juga mempunyai tawa atau suara yang berlebihan sehingga kadang agak mengganggu. Walau ia bukan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah kelompok, namun sanguin biasanya ingin tampil lebih mencolok ketimbang anggota kelompok lainnya.

Menurut Carl Jung

Carl Jung yang berasal dari Swiss dikenal sebagai seorang dokter psikologi yang membagi kepribadian manusia menjadi tiga jenis, yakni ekstrovert, ambivert dan introvert.

1. Ekstrovert

Jenis-jenis kepribadian manusia satu ini diketahui memiliki fokus terhadap dunia luar. Orang-orang dengan kepribadian ekstrovert biasanya lebih terbuka. Ekstrovert dapat secara lebih mudah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain sehingga orang lain pun akan merasa nyaman dengan tipe ekstrovert. Daripada berfikir, tipe ekstrovert akan mengutamakan membuat tindakan sehingga seringkali lebih memilih bertindak dulu baru setelah itu berfikir. Tipe ekstrovert lebih memilih menceritakan ketimbang diceritakan, mereka suka beraktivitas, supel, mudah bekerja sama dalam sebuah kerja kelompok, percaya diri yang baik dan bahkan berlebihan  dan selalu aktif.

2. Ambivert

Jenis kepribadian ini biasanya terletak diantara ekstrovert dan introvert yang berarti bahwa orang dengan tipe ambivert bisa menjadi ekstrovert namun sesaat kemudian dapat memiliki kepribadian introvert. Dengan fakta demikian, maka banyak yang kemudian menyimpulkan bahwa seorang ambivert adalah seseorang yang hidup dengan kepribadian ganda, namun kedua jenis kepribadian itu dapat ia kelola dengan tepat. Dalam setiap aktivitasnya, orang dengan tipe ambivert bisa lebih fleksibel sehingga ia akan cocok dengan orang-orang yang tipenya ekstrovert maupun introvert.

3. Introvert

Individu berkepribadian introvert memiliki fokus yang berbeda dengan orang bertipe ekstrovert. Fokus yang dipunyai oleh orang introvert adalah terhadap dunia di dalam pikiran manusia alias mereka lebih suak berada di dalam dunianya sendiri sehingga lebih tertutup. Manusia introvert lebih suka menyendiri, mereka juga lebih memilih untuk menjadi pendengar daripada menjadi si pencerita, sulit bersosialisasi, hobi berimajinasi, suka berpikir, pemalu dan lebih memilih untuk melakukan pekerjaan secara sendiri (bukan dalam tim). Pemikiran orang-orang yang introvert sangat kritis, namun mereka jarang sekali untuk berani menyatakan opini dan gagasan-gagasan mereka. Individu dengan jenis kepribadian ini menyukai interaksi yang hanya melibatkan dua orang, dia dan orang satu lagi.

Menurut Enneagram

Enneagram memang bukan seorang tokoh yang ahli dalam psikologi, namun ini merupakan sebuah psikotes yang manusia banyak gunakan. Pengembang psikotes ini adalah Claudio Naranjo dan Oscar Ichazo di tahun 1950-an. Ada 9 jenis kepribadian manusia yang bisa disimak di bawah ini.

1. Reformer

Individu dengan kepribadian jenis ini memiliki idealisme yang tinggi dan begitu rasional. Mereka tidak akan mudah menentang aturan karena mereka akan selalu menaati setiap aturan yang ada. Tipe reformer pun berjiwa kuat sehingga mampu menentukan mana hal yang dianggap salah dan mana hal yang benar. Orang dengan tipe kepribadian ini selalu ingin membuat orang lain lebih baik dengan cara mengubah pola-pola mereka yang salah. Terkadang, tipe reformer sangat perfeksionis dan kritis.

2. Lover/Giver/Helper (Penolong)

Individu dengan kepribadian giver memang menandakan bahwa ia begitu memedulikan orang-orang di sekitarnya. Biasanya manusia dengan jenis kepribadian ini memiliki empati terhadap sesamanya, keikhlasan dan ketulusan yang tinggi serta hati yang sangat lembut. Tipe penolong ini tidak akan segan dan selalu bersemangat dalam membantu orang lain walau harus mengorbankan harta dan waktunya. Terkadang tipe giver pun juga akan terbawa perasaaan dan terlalu sentimetil.

3. Achiever

Manusia dengan kepribadian jenis ini lebih berfokus dalam pencapaian akan sebuah prestasi. Pada umumnya, seorang achiever sangat percaya diri dan bersemangat dalam segala hal. Tipe achiever selalu berpikir untuk maju dan terbilang cukup ambisius dalam mencapai apa yang dicita-citakannya. Orang seperti ini akan tetap memikirkan orang-orang yang juga memikirkannya walau dalam pencapaian ambisinya untuk maju. Achiever merupakan individu yang tidak mengenal kata menyerah dan sangat gila kerja. Kegagalan bukan menjadi alasan bagi mereka untuk jatuh dan mundur, justru dengan gagal mereka akan terus mencoba sampai sukses.

4. Individualist

Orang dengan tipe keempat ini berkepribadian romantis, kreatif namun individualis. Walau memiliki pribadi yang sensitif, tipe individualist menurut Enneagram mempunyai jiwa seni yang sangat tinggi meski memang tergolong sebagai manusia penyendiri. Pada dasarnya seorang individualist mempunyai kemampuan untuk berekspresi dengan caranya sendiri. Karena merupakan seorang yang tertutup dan penyendiri, maka ketika harus bertemu dengan orang lain individu bertipe kepribadian ini akan merasa tidak nyaman. Memang biasanya orang-orang yang individualist memiliki profesi sebagai seorang seniman.

5. Thinker

Jenis kepribadian lainnya menurut Enneagram adalah thinker dan seorang thinker biasanya tidak dapat membendung rasa ingin tahunya yang besar. Walau menemukan hal serumit apapun, seorang thinker sangat hebat karena mampu berkonsentrasi pada hal tersebut. Individu dengan kepribadian ini juga terbilang inventif atau memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru. Tipe thinker juga sangat inovatif dan mandiri yang artinya ia tidak akan secara mudah mengandalkan orang lain atau bahkan bergantung pada orang tersebut. Biasanya, orang dengan jenis kepribadian thinker merupakan seseorang yang lebih sesuai untuk menjadi penemu atau investigator. Hal ini dikarenakan individu thinker kerap asyik sendiri dengan gagasan dan konsep yang dibuatnya. Tipe thinker juga suka menyendiri untuk berpikir dan mencari ide-ide baru. Itulah alasan mengapa para thinker mempunyai otak celebral yang kuat apabila dilihat secara fisik.

6. Security Seeker/Pessimist

Seorang security seeker adalah individual yang sangat pekerja keras walau memang dikenal memiliki pribadi yang kerap pesimis. Memang orang-orang yang lebih memilih cari aman dan pesimis biasanya kurang bisa memutuskan suatu hal yang penting. Orang-orang seperti ini juga memiliki rasa percaya diri yang kurang. Tipe security seeker adalah individu yang penuh tanggung jawab, namun kurang inovatif.

Karena merupakan manusia yang selalu mencari aman, mereka akan merasa kurang nyaman dengan adanya perubahan khususnya yang terjadi secara tiba-tiba. Sebuah perubahan bisa membuat seorang yang pesimis menjadi khawatir dan terlalu banyak berpikir dan mencemaskan suatu hal yang belum terjadi. Individu dengan kepribadian jenis ini lebih sesuai bekerja menjadi seorang asisten atau bahkan fokus pada sektor formal sebab tidak begitu berani berinovasi.

7. Adventurer

Manusia yang berkepribadian adventurer memiliki keterbukaan terhadap siapa saja, bahkan bisa dengan mudah terbuka pada orang baru. Individu adventurer sangat menyukai hal-hal baru dan gemar menyibukkan diri. Kepercayaan diri yang dimiliki juga tinggi sehingga menjadikannya selalu optimis dalam menjalani hidup. Karena berjiwa spontan dan selalu penuh semangat, maka tentunya orang seperti ini sesuai untuk menjadi seorang petualang. Hanya memang orang-orang dengan kepribadian adventurer memiliki konsentrasi, kesabaran dan kedisiplinan yang kurang.

8. Leader

Manusia yang berkepribadian leader bukan hanya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan suka memimpin, melainkan juga mempunyai pengaruh besar, rasa percaya yang tinggi dan berani terhadap tantangan apapun. Sebagai individu dengan jiwa pemimpin, tentu orang dengan kepribadian leader akan melakukan apapun untuk melindungi setiap anak buahnya. Tipe leader sangat tidak suka berbasa-basi sebab mereka lebih suka masuk ke intinya secara langsung. Hanya saja, tipe leader biasanya terlalu mendominasi dengan jiwa pemimpinnya yang besar. Hal ini dikarenakan ia percaya pada kemampuannya dalam mengendalikan segala hal. Tipe leader sangat mudah emosi dan marah atau bertemperamen tinggi. Keegoisan mereka pun juga termasuk tinggi. Manusia dengan jenis kepribadian leader memang lebih sesuai menjadi seorang perwira, manajer, CEO, atau pemimpin.

9. Peacemaker

Pada jenis kepribadian menurut Enneagram yang terakhir atau yang ke-9, ada jenis individu peacemaker. Orang dengan jenis pribadi seperti ini adalah tipe yang cinta damai dan tidak suka dengan segala kerusuhan atau perselisihan. Sifat yang dimiliki seorang peacemaker adalah suka melerai. Seorang peacemaker sangat optimis dalam hidupnya, kreatif, toleran, berpikir terbuka, mudah memercayai orang lain, suka menghindari konflik, dan sabar.

Kesimpulannya: Karakter dan kepribadian itu saling bertautan namun memiliki sisi yang berbeda yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Thanks to Fiqri yang udah memberikan topik kali ini. Topik ke-43 selesai 🙂

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s